Kamis, 07 Juni 2018

Astronomi VS Astrologi

Meskipun praktik astrologi dan astronomi memiliki akar yang sama, ada perbedaan penting dalam astrologi vs astronomi hari ini. Astronomi adalah studi tentang alam semesta dan isinya di luar atmosfer Bumi. Astronom memeriksa posisi, gerakan, dan sifat benda-benda langit. Astrologi mencoba untuk mempelajari bagaimana posisi, gerakan, dan sifat mempengaruhi orang dan peristiwa di Bumi. Selama beberapa milenium, keinginan untuk meningkatkan prediksi astrologi adalah salah satu motivasi utama untuk pengamatan dan teori astronomi.

Astrologi terus menjadi bagian dari ilmu pengetahuan utama hingga akhir tahun 1600-an, ketika Isaac Newton mendemonstrasikan beberapa proses fisik. Dengan demikian, ia menunjukkan bahwa hukum yang sama yang membuat, katakanlah, apel jatuh dari pohon, juga berlaku untuk gerakan bola selestial. Sejak itu, astronomi telah berevolusi menjadi bidang yang benar-benar terpisah, di mana prediksi tentang fenomena selestial dibuat dan diuji menggunakan metode ilmiah.

Sebaliknya, astrologi sekarang dianggap sebagai hobi dan pseudosain - meskipun ribuan orang di seluruh dunia masih meminta nasihat dari astrolog dan publikasi astrologi dalam membuat pengalaman profesional, medis, dan pribadi yang penting. (Ini, terlepas dari kenyataan bahwa horoskop saat ini bergantung pada informasi yang sudah ketinggalan jaman!)

Al-Bukhaari berkata dalam Shahihnya: Qutaadah berkata: “Allah menciptakan bintang-bintang ini untuk tiga tujuan: untuk menghiasi langit, untuk melempari setan dan sebagai tanda untuk menavigasi. Siapa pun yang mencari hal lain di dalamnya adalah salah dan tidak mendapat manfaat dari mereka, dan ia membuang-buang waktu dan usahanya untuk mencari sesuatu yang tidak ia ketahui. ”(Shahih al-Bukhaari, Baab fi'l-Nujoom, 2/240 )

Studi pengaruh bintang-bintang (astrologi) dibagi menjadi tiga kategori:

  1. Keyakinan bahwa bintang-bintang ini memiliki pengaruh nyata dalam arti bahwa mereka menciptakan peristiwa dan kejahatan. Ini adalah syirik besar (syirik akbar), karena siapa pun yang mengklaim bahwa ada pencipta lain di samping Allaah adalah seorang musyrik dalam arti syirik utama, karena ia berkenaan dengan hal yang diciptakan yang ditaklukkan sebagai pencipta yang menundukkan.
  2. Membuat alasan ini untuk mengklaim memiliki pengetahuan tentang yang tak terlihat, jadi dari gerakan dan perubahan bintang-bintang ia menyimpulkan bahwa ini dan itu akan terjadi karena ini dan itu telah terjadi pada bintang ini dan itu. Misalnya, ia mungkin mengatakan bahwa kehidupan satu orang akan sengsara karena ia dilahirkan di bawah bintang ini, dan bahwa kehidupan orang lain akan bahagia karena ia dilahirkan di bawah bintang itu. Orang ini mengambil pengetahuan tentang bintang-bintang sebagai alat untuk mengklaim bahwa ia memiliki pengetahuan tentang yang gaib, dan mengaku memiliki pengetahuan tentang yang gaib adalah kufur (ketidakpercayaan) yang menempatkan seseorang di luar pucat Islam, karena Allah berfirman (penafsiran berarti):                                                                           "Katakanlah: Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang tahu Ghayb (Gaib) kecuali Allah" [al-Naml 27:65]                                                                                                       Struktur gramatikal yang digunakan dalam bahasa Arab asli - dimulai dengan negasi laa (diterjemahkan di sini sebagai "tidak ada") diikuti oleh kata illa ("kecuali") - adalah salah satu cara paling tegas dalam mengekspresikan eksklusivitas. Jadi jika seseorang mengaku mengetahui yang tidak terlihat, dia secara efektif tidak mempercayai apa yang dikatakan Al-Qur'an.
  3. Jika dia percaya bahwa bintang adalah penyebab hal baik atau buruk terjadi, ini adalah syirik kecil (syirik asghar). Prinsip dasarnya adalah bahwa siapa pun yang percaya bahwa satu hal adalah penyebab orang lain ketika Allah tidak menjadikannya demikian, melampaui batas dan tidak mengakui Allaah sebagaimana Ia harus diakui, karena Dia yang membuat sesuatu terjadi adalah Allah sendiri. Misalnya, jika seseorang mencari penyembuhan dari seutas tali (diikatkan di pergelangan tangannya), dan berkata, “Saya percaya bahwa penyembuhan ada di tangan Allaah dan string ini hanyalah sarana,” kami akan mengatakan kepadanya, “ Anda telah menyelamatkan diri dari syirik besar tetapi Anda telah jatuh ke dalam syirik yang lebih rendah, karena Allaah belum membuat tali sarana penyembuhan yang jelas. Dengan melakukan ini, Anda telah melanggar posisi Pengontrol dan Pemelihara-Nya, dengan membuat sesuatu menjadi alat bagi sesuatu yang lain ketika Allah tidak menjadikannya demikian. ”Hal yang sama berlaku bagi orang yang menganggap bintang-bintang sebagai penyebab hujan ketika ini bukan kasus. Bukti untuk itu adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhaari (801) dan Muslim (104) dari Zayd ibn Khaalid al-Juhani yang mengatakan: "Rasulullah SAW (damai dan berkah Allah besertanya) memimpin kami dalam berdoa Fajr di al-Hudaybiyah, mengikuti curah hujan pada malam hari. Ketika dia selesai berdoa, dia berbalik kepada orang-orang dan berkata, 'Apakah kamu tahu apa yang Tuhan katakan?' Mereka berkata, 'Allaah dan Rasul-Nya tahu yang terbaik.' Dia berkata, 'Pagi ini salah satu budak-Ku menjadi orang percaya di dalam Aku dan satu menjadi orang yang tidak percaya. Adapun orang yang berkata, “Kami telah diberi hujan berdasarkan Allaah dan rahmat-Nya,” dia adalah orang percaya pada-Ku dan orang yang tidak beriman di bintang-bintang. Tetapi untuk orang yang berkata, “Kami telah diberi hujan oleh bintang seperti ini,” dia adalah orang yang tidak percaya pada-Ku dan seorang yang percaya pada bintang-bintang. '”Jadi orang yang menghubungkan hujan dengan bintang-bintang mengatakan bahwa bintang-bintang menyebabkan hujan.


Studi tentang posisi dan pergerakan bintang-bintang (astronomi) dibagi menjadi dua kategori:
  1. Jika gerakan mereka digunakan untuk menentukan hal-hal yang melayani tujuan keagamaan, ini adalah sesuatu yang diperlukan. Jika itu membantu dalam kasus kewajiban agama, maka belajar itu wajib, seperti menggunakan bintang untuk menentukan arah kiblat (arah Mekkah).
  2. Jika gerakan mereka digunakan untuk menentukan hal-hal yang melayani tujuan duniawi, tidak ada yang salah dengan itu. Ini ada dua jenis:
  • Menggunakan bintang untuk menentukan arah, seperti mengetahui bahwa kutub terletak di utara, dan bahwa Bintang Kutub, yang dekat dengannya, berputar di sekitar Kutub Utara. Ini diperbolehkan. Allaah berkata (interpretasi dari artinya):                                                       "Dan tengara (rambu-rambu, pada siang hari) dan oleh bintang-bintang (pada malam hari), mereka (umat manusia) membimbing diri mereka sendiri" [al-Nahl 16:16]
  • Menggunakan bintang untuk menentukan musim, melalui mempelajari fase bulan. Beberapa salaf menganggap ini sebagai makrooh sementara yang lain mengizinkannya. Pandangan yang benar adalah bahwa hal itu diperbolehkan dan tidak ada makrooh di dalamnya, karena tidak ada syirik yang terlibat di dalamnya, kecuali orang belajar untuk mengaitkan curah hujan atau cuaca dingin dengannya, dan mengatakan bahwa inilah yang menyebabkannya. Itu semacam syirik. Tetapi hanya mengetahui waktu tahun dari itu, apakah itu musim semi atau musim gugur atau musim dingin, tidak ada yang salah dengan itu.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar